Istilah lain: man-machine interaction (MMI), computer and human interaction (CHI), dan human-machine interaction (HMI)
@ Tujuan:
- User friendly (ramah dengan pengguna): kemampuan yang dimiliki oleh software atau program aplikasi yang mudah dioperasikan, dan mempunyai sejumlah kemampuan lain sehingga pengguna merasa betah dalam mengoperasikan program tersebut, bahkan bagi seorang pengguna pemula
- WYSIWYG (what you see is what you get)
- Mengurangi frustasi, ketidakamanan, dan kebingungan pada pengguna
- Implikasi: meningkatkan kepuasan kerja dan menurunkan tingkat absensi pekerja
@ Permasalahan yang muncul:
- Programer tidak dapat memahami secara tepat penggunanya, mis: tentang keinginan dan lingkungan kerja pengguna
- Sistem komputer mengharuskan pengguna untuk mengingat terlalu banyak informasi
- Sistem komputer tidak memberikan ruang untuk toleransi kesalahan
- Para pengguna berbeda dari sebelumnya
- Para pengguna berbeda satu dengan lainnya
- Para pengguna berbeda dari kita
@ Kriteria User Friendly
- Memiliki tampilan yang bagus
- Mudah dioperasikan
- Mudah dipelajari
- Pengguna selalu merasa senang setiap kali menggunakan software tersebut
@ Definisi IMK
- Sekumpulan proses, dialog, dan kegiatan dimana melaluinya pengguna memanfaatkan dan berinteraksi dengan komputer
- Suatu disiplin ilmu yang menekankan pada aspek desain, evaluasi, dan implementasi dari sistem komputer interaktif untuk kegunaan manusia dengan mempertimbangkan fenomena-fenomena disekitar manusia itu sendiri
- Suatu studi ilmiah tentang masyarakat didalam lingkungan kerjanya
@ Aplikasi IMK
- Perkantoran
- Kendali proses
- Penerbangan
- Komunikasi
- Desain pekerjaan
- Pelatihan/seleksi
- dll
- Pertama kali dikembangkan oleh MacApp oleh Apple pada pertengahan tahun 1980-an
- Contoh piranti bantu lainnya: Visual dBase, Visual BASIC, Visual J++, Visual C/C++, Borland Delphi, dll
- Tampilan/antarmuka yang dihasilkan menjadi lebih baik
- Program antarmuka menjadi mudah ditulis dan lebih ekonomis untuk dipelihara
@ Kesalahan Mendasar Programmer
- Desain ini memuaskan saya, berarti juga akan memuaskan setiap orang
- Desain ini memuaskan rata-rata orang, berarti juga akan memuaskan setiap orang
- Manusia begitu amat beragam oleh karenanya tidak ada kemungkinan antar muka yang dapat memuaskan pengguna, tetapi karena sifat manusia yang adaptif sejak awalnya, maka itu tidak akan menjadi masalah
- Faktor ergonomi cukup mahal namun demikian produk-produk aplikasi komputer tetap terjual hanya dengan berdasarkan penampilan dan corak. Jadi pertimbangan ergonomi boleh diabaikan
- Ergonomi merupakan gagasan yang baik. Dalam mendesain sesuatu saya menggunakan pertimbangan ergonomi namun dilakukan berdasarkan intuisi dan menyandarkannya pada selera umum, jadi kita tidak memerlukan tabel data
- Silabus Perkuliahan atau disini.
- Pengenalan IMK atau disini.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Komentar anda adalah masukan bagi saya... :-)